SELAMAT DATANG DI BLOGGER KHAIRMEN RIDHO Minggu Ini, Deadline 3 Desa Cairkan DD II ~ KHAIRMEN RIDHO

Senin, 19 Desember 2016

Minggu Ini, Deadline 3 Desa Cairkan DD II

dd desa
KOTA BINTUHAN KR – Tinggal beberapa hari lagi tutup anggaran, ternyata masih ada desa yang belum mencairkan Dana Desa (DD) tahap II. Plt Sekretaris DPPKAD Kaur Hendris, SE memberi deadline tiga desa agar mencairkan DD tahap II minggu ini. Sebab kesempatan mereka mencairkan dan mengerjakan proyeknya tinggal 2 minggu lagi. Masing-masing Desa Geramat, Kecamatan Kinal, Desa Sumber Harapan, Kecamatan Nasal dan Desa Bakal Makmur, Kecamatan Maje.

Desa Geramat  dari Rp 596,9 juta DD tahun ini baru terealisasi Rp 358, 1 juta. Sementara Desa Sumber Harapan sisa DD yang belum dicairkan Rp 277,7 juta. Terakhir Desa Bakal Makmur dengan DD tahun ini Rp 576,8 juta, masih 40 persen yang belum direalisasikan.

“Kita sudah kirim surat  pada tiga camat untuk mengecek kendala hingga tiga desa tersebut belum mencairkan DD. Pada hal desa yang baru cair tahap pertama awal November saja sudah melakukan pencairan tahap II, seperti Tanjung Agung, Kecamatan Maje,” kata Hendris.

Hendris menambahkan DD yang bisa jadi silpa hanya 30 persen, jika desa yang terlambat mencairkan dana tidak bisa menuntaskan pekerjaannya hingga akhir tahun. Bahkan desa yang belum mencairkan DD hingga akhir Desember tahun 2016 akan dapat sanksi pengurangan penerimaan DD tahun 2017.

“Kalau 30 persen dana tidak terserap, tahun depan jumlah dana yang diterima akan berkurang 30 persen. Dari jumlah DD yang diterima dan ini merugikan warga desa,” pungkas Hendris.

Sementara Camat Kaur Selatan, Bahasim, M.TPd Sabtu (17/12) mulai memeriksa terhadap kegiatan pembangunan di berbagai desa di Kaur Selatan. Bahasim menilai sebagian besar pekerjaan DD di Kaur Selatan sudah rampung.

Bahasim kembali mengingatkan kepala desa dan perangkatnya menyiapkan laporan penggunaan DD tahun 2016. Dia juga mengingatkan agar setiap desa tidak lupa mengeluarkan pajak dari setiap kegiatan yang menggunakan DD. “Sejauh ini semua pekerjaan DD yang kita periksa tidak ada masalah. Tahun 2017 kita ingatkan desa sudah mulai menyiapkan kegiatan yang akan dikerjakan,” pungkas Bahasim.(cik)

Sumber Berita KhairmenRidho = Dari Media Center Provinsi Bengkulu RB BE

0 komentar:

Posting Komentar