SELAMAT DATANG DI BLOGGER KHAIRMEN RIDHO Bidik Pelaku Setrum Ikan ~ KHAIRMEN RIDHO

Sabtu, 17 Desember 2016

Bidik Pelaku Setrum Ikan

BINTUHAN, KR - DINAS Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kaur terus mengincar atau membidik pelaku setrum ikan. DKP juga berjanji dalam waktu dekat akan menciduk pelaku penyetrum ikan dan belut (sidat) yang saat ini terus merusak populitas ikan di Kabupaten Kaur. Pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam mengungkap aktivitas penyetrum ikan ini.

“Beberapa waktu lalu kita juga sudah menggelar oprasi tapi pelakunya kabur dari sergapan kita, tapi akan kita upayakan dalam waktu dekat kembali menggelar oprasi,” kata Plt Sekretaris DKP Kaur Robi Antomi S IP, kemarin (13/12).

Robi mengatakan, ini menyusul banyaknya laporan dari masyarakat yang mulai resah dengan ulah pelaku penyetrum ikan, pasalnya meski beberapa kali dihimbau namun tetap saja mereka terus merusak populitas ikan dibeberapa perairan di Kabupaten Kaur. Padahal menyetrum selain mematikan ikan dalam jumlah banyak juga merusak anak ikan (ipun) yang baru saja lahir dan tentunya dampaknya lama kelamaan populasi ikan yang ada disebebarapa sungai akan punah.

“Kami sudah mendapat gambaran lokasi sungai yang kerap dijadikan sasaran pelaku penyetruman termasuk dengan waktu mereka menyetrum,” terangnya.

Ditambahkannya, beberapa sungai yang sering dijadikan sasaran setrum yakni sungai sungai besar mulai dari Padang Guci, Luas, Muara Sahung dan Nasal. Pelaku biasanya menyetrum disaat sore hari dan pagi hari selain mengambil ikan yang sudah besar, udang dan ipun juga ikut ditangkap pelaku. Akibatnya rentang sampai satu bulan usai aktifitas penyetruman dilakukan ikan diperairan itu sepi.

“Musim penghujan biasanya pelaku memanpaatkannya untuk menangap ikan. Ini Benar-benar menguatirkan keselamatan ikan bila tidak cepat ditangani,” pungkasnya.

Sumber Berita Saya Dari Media Center Provinsi Bengkulu RB BE

0 komentar:

Posting Komentar